September 2018 mendatang, acara Google Demo Day akan diselenggarakan di Shanghai, Tiongkok. Dari ribuan startup yang mendaftar, hanya 10 startup yang lolos memasuki babak final berupa pitching dan presentasi di depan para investor. Venture capital yang akan memberikan penilaian di acara Demo Day tersebut di antaranya adalah Sequoia Capital Tiongkok, Venturra Capital, dan para pimpinan yang tergabung dalam Google for Entrepreneurs.

Di acara ini, DycodeX akan menjadi satu-satunya perwakilan dari Indonesia dan bersaing dengan 9 startup lain untuk merebut hadiah dari Google berupa pendanaan sebesar $100,000 dalam bentuk Google Platform Credit. DycodeX akan bersaing dengan Freight Exchange (Australia), GITAI (Jepang), Marham (Pakistan), Miotech (Tiongkok), Origami Labs (Hong Kong), SigTuple (India), SkyMagic (Singapore), dan Swingvy (Korea).

IoT untuk Peternakan

DycodeX merupakan anak perusahaan pengembang software asal Bandung DyCode. DycodeX mengembangkan SmarTernak yang merupakan perangkat precision livestock farming (PLF). Fitur-fitur yang ditawarkan mencakup pelacakan hewan ternak, pendeteksi aktivitas hewan ternak, estimasi kesehatan hewan ternak, hingga fitur yang membaca kondisi lingkungan hewan ternak. Data-data tersebut dipancarkan secara real time dan terintegrasi dengan aplikasi yang ada di perangkat mobile.

Tampilan website SMARTernak, salah satu layanan yang dikembangkan oleh DycodeX | Sumber: https://dycodex.com/smarternak/

Dalam pengembangannya, DycodeX berperan penuh dalam pengembangan sistem dan alat-alat yang digunakan, sementara pemerintah mendukung dalam penyediaan lahan untuk uji coba. Solusi DycodeX menjadi salah satu solusi berbasis teknologi untuk mengoptimalkan peternakan dan menggali lebih jauh potensi serta memecahkan masalah yang ada di peternakan.

KIBAR sebagai “Jembatan” DycodeX menuju Google Demo Day Asia

Sebagai salah satu penggerak ekosistem startup di Indonesia. KIBAR merupakan pilihan Google untuk mencari startup di Indonesia yang bisa masuk ke dalam Google Demo Day Asia. 8 Juni 2018 yang lalu KIBAR membuat registrasi untuk mengumpulkan startup di Indonesia dan mencari startup terbaik yang bisa menjadi representatif Indonesia di Google Demo Day Asia.

Dari ratusan startup yang mendaftar, DycodeX dinominasikan oleh KIBAR sebagai startup yang layak masuk Google Demo Day Asia. Menurut KIBAR, DycodeX merupakan startup yang menunjukkan potensi dari ekosistem startup Indonesia dan layak sebagai representasi Indonesia di kancah global.

BACA JUGA:  Kolaborasi Lintas Generasi antara TEMPO, KIBAR, dan KUMPUL Lahirkan “ruang & tempo”
Categories: Tech & Startups