Meski baru akan berlangsung 22-23 Juni mendatang, Techsauce Global Summit 2018 telah resmi memulai roadshow ke 20 negara, termasuk Indonesia. Acara yang diselenggarakan oleh Recap dan didukung oleh Digitaraya ini bertajuk “Techsauce Global Summit Roadshow Indonesia 2018” dan telah berlangsung Sabtu (19/05) lalu, di ruang & tempo Coworking Space, Gedung TEMPO Lantai 8, Jakarta. Tujuan roadshow ini adalah untuk mencari startup terbaik dari 10 startup pilihan yang nantinya akan dikirim ke acara puncak Techsauce Global Summit di Bangkok, mewakili Indonesia.

Suasana Techsauce Global Summit 2018 Roadshow Indonesia | Dok: ruang & tempo

Acara Techsauce Global Summit Roadshow Indonesia ini dibuka oleh Steven Jernigan, CFO Hubba Thailad, yang memperkenalkan Techsauce Global Summit, konferensi teknologi global terbesar di Asia Tenggara dengan cita rasa regional yang rencananya akan diadakan di Bangkok Centara Grand Hotel dengan 10 ribu pengunjung dari berbagai negara dan 150 pembicara.

Tahun ini, 10 startup pilihan yang dianggap memiliki masa depan yang menjanjikan adalah. Masing-masing perwakilan startup akan menjawab pertanyaan yang dilontarkan dewan juri. Tiap startup diberikan kesempatan untuk presentasi selama 3 menit. Selanjutnya masing-masing perwakilan harus menjalani sesi tanya jawab selama 3 menit dengan para juri, yang terdiri dari Nicole Yap (Vice President Strategy, Digitaraya), Casper Sermsuksan (Co-Founder, Kulina), Astri Suhaimi (Industry Analyst, E-Commerce/Travel, Google) serta Steven Jernigan (CFO, Hubba Thailand).

Casper Sermsuksan (Co-Founder, Kulina) memberikan komentarnya kepada startup yang pitching | Dok: ruang & tempoKesempatan pertama diberikan kepada Bizhare, platform investasi bisnis dengan skema gotong-royong, serta pembagian profit berkala yang diberikan sesuai porsi sahamnya masing-masing. Saat presentasi, Bizhare juga menyediakan laporan keuangan bulanan yang telah mereka kerjakan.

Selanjutnya giliran Svara melakukan presentasi. Meski audio digital memiliki perhatian besar, namun bisnis radio mengalami penurunan. Melalui Svara on Air dan Svara Online, startup ini mencoba untuk membantu radio menjangkau pendengarnya. Sasaran pasar bukan hanya radio di Indonesia tetapi juga di dunia.

Berikutnya, Kandang.in, startup dengan mimpi besar untuk membantu peternak agar lebih berdaya. Melalui aplikasi mobile ini, para peternak dapat terhubung langsung dengan investor, sehingga dalam mengelola ternaknya dan tidak terjerat utang.

Inagri | Dok: ruang & tempo

Startup keempat yang tampil adalah Inagri, B2B supplier komoditas pangan dan bahan segar bagi bisnis restoran. Saat ini, Inagri yang baru diluncurkan pada Februari 2018 lalu telah memiliki pelanggan sekitar 18 bisnis dan menjual lebih dari 14 ton bahan pangan.

Imajin | Dok: ruang & tempo

Setelah coffee break, sesi pitching pun dilanjutkan oleh startup Imajin, komunitas 3D pertama di Indonesia. Selain memberdayakan generasi muda dengan memberikan pelatihan, sertifikasi, percetakan, dan desain, bersama GoBlessing, Imajin juga ciptakan 1000 tangan prostetik.

Tak kalah menarik, startup berikutnya yang mempresentasikan idenya adalah eGuards. Sebagai aplikasi mobile yang menyediakan pengamanan online on-demand, eGuards memberikan kemudahan prosedur sehingga lebih efisien dan efektif karena memungkinkan penggunanya mendapatkan mitra eGuards yang tepat melalui smartphone, sesuai dengan kebutuhan dan juga bisa dipantau secara langsung (real time). eGuards memiliki layanan C2C, B2C, dan juga B2B. Platform eGuards mencoba memberikan solusi terhadap penjaga keamanan yang maksimal.

Selanjutnya, startup ketujuh yang tampil adalah Xparring, yang bercita-cita membangun ekosistem yang memungkinkan setiap orang dapat olahraga rutin. Caranya dengan menciptakan platform agar orang dapat menemukan rekan berolahraga bersama di mana saja dan kapan saja.

Terakhir, sesi pitching ditutup oleh MailTarget, platform untuk semua kebutuhan email marketing dan pemasaran digital yang lengkap. Sambil menunggu pengumuman juri, para peserta disuguhkan pencerahan mengenai kiat-kiat memperluas bisnis startup mereka di pasar Asia Tenggara. Kiat-kiat ini dihadirkan dalam sesi Fireside Chat: First Steps to Expanding a Startup into Other Southeast Asian Markets, yang menghadirkan pembicara-pembicara yang telah berpengalaman di dunia startup, seperti Samiaji Prasetya, COO Jojonomics dan Hadi Othman, Chief Editor Recap.

Samiaji Prasetya (COO, Jojonomics) dan Hadi Othman (Chief Editor, Recap) dalam sesi Fireside Chat: First Steps to Expanding a Startup into Other Southeast Asian Markets | Dok: ruang & tempo

Samiaji Prasetya, atau yang lebih akrab disapa Aji mengungkapkan sebuah alasan, yang membuatnya jadi semakin bersemangat untuk ekspansi bisnisnya, “Produk Indonesia juga harus ada di luar di Indonesia,” tuturnya berapi-api. Aji mengatakan bahwa perusahaannya tidak membuat program jangka panjang, melainkan program jangka pendek agar dapat bergerak lebih fleksibel.

Trik yang ia gunakan sebelum terjun ke pasar regional adalah beriklan terlebih dulu di negara tersebut untuk melihat responnya. “Namun sebelum melakukan ekspansi ke luar Indonesia, sebaiknya perkuat dulu bisnis kalian yang ada di Indonesia dan pastikan telah memiliki pemasukan yang stabil,” pesannya.

Akhirnya saat yang telah dinantikan pun tiba bagi para juri untuk mengumumkan siapa yang akan menjadi perwakilan Indonesia di Techsauce Global Summit Bangkok 2018. Startup yang terpilih adalah Inagri, yang nantinya akan menjadi salah satu dari 20 perwakilan startup lainnya dari masing-masing negara di Bangkok. Inagri memenangkan satu tiket perjalanan pulang-pergi, stan pameran, dan akomodasi di Bangkok untuk berpartisipasi dalam Grand Final Techsauce Global Summit 2018 dan mempresentasikan startup mereka di panggung besar Centara Grand Convention Center Bangkok. Selamat dan semoga sukses di Techsauce Global Summit 2018, Inagri!

Inagri terpilih sebagai pemenang dan berfoto dengan seluruh startup dan para juri | Dok: ruang & tempo
BACA JUGA:  Program 100 Hari Brunei Startup Bootcamp, Ciptakan Akses dan Peluang Kewirausahaan
Categories: Tech & Startups