Google Developers Launchpad bekerja sama dengan Kibar mendorong pertumbuhan ekosistem startup di Indonesia melalui akselerator startup bernama Digitaraya.

Akselerator ini akan menjadi tahap lanjutan dari serangkaian inisiatif yang dibangun oleh Kibar untuk mendukung pembangunan kapasitas dan inkubasi startup di Indonesia.

“Selama ini Kibar telah menjadi mitra utama dan strategis, tidak hanya bagi Kementerian Kominfo, tetapi juga bagi negara ini. Oleh sebab itu, Kominfo siap mendukung Digitaraya dalam upayanya untuk terus memperkuat pengembangan ekonomi digital di Indonesia,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dalam kata sambutannya.

Google Luncurkan Akselerator Startup di Indonesia
Foto: detikINET/Adi Fida Rahman

Melalui Google Developers Launchpad, Digitaraya akan terhubung dengan jaringan elit para akselerator top dunia, sehingga startup pilihan akselerator ini dapat memanfaatkan informasi dan sumber daya yang mereka miliki.Digitaraya nantinya akan menyeleksi startup yang fokus dalam mencapai product/market fit sekaligus ingin menjangkau lebih banyak pengguna serta meningkatkan retensi.

Selain itu Digitaraya juga akan mendapat akses penuh terhadap jaringan Google dari seluruh dunia, pembelajaran Google dalam menjalankan program startup di Silicon Valley, dan hasil riset serta pengalaman Google selama dua puluh tahun terakhir dalam membangun bisnis, produk, dan tim dalam skala besar.

Kerja sama berbentuk Powered by Google Developers Launchpad ini bertujuan memberdayakan ekosistem startup di seluruh dunia lewat berbagai akselerator terbaik, serta membantu akselerator-akselerator tersebut saling mendukung satu sama lain dengan saling berbagi ilmu dan sumber daya.”Google Developers Launchpad sangat senang dapat bekerjasama dengan Digitaraya dalam memajukan ekosistem startup Indonesia,” kata Kevin O’Toole, Head of International Growth, Google Developers Launchpad.

BACA JUGA:  KROWD, Layanan Kolaborasi Besutan Vidi Aldiano
Google Luncurkan Akselerator Startup di Indonesia
Foto: Achmad Rouzni Noor II/detikINET

Google Developers Launchpad adalah bagian dari Google yang mengoperasikan program akselerasi global untuk membantu startup tumbuh dan berkembang. Google sendiri telah terbukti berpengalaman dalam membangun dan meningkatkan produk serta bisnis menggunakan teknologi mutakhir.

Katanya, Google Developers Launchpad tidak mengambil saham ekuitas dari startup yang tergabung dalam akselerator ini, tetapi lebih fokus untuk membangun dan mengembangkan perusahaan serta ekosistemnya dalam jangka panjang.

Google Gandeng Kibar Luncurkan Akselerator Startup Digitaraya
Foto: Google Gandeng Kibar Luncurkan Akselerator Startup Digitaraya | Foto: DetikInet

“Kami sangat senang dapat bermitra dengan Kibar membangun sebuah akselerator startup melalui Digitaraya. Kibar merupakan kontributor utama dalam pengembangan ekosistem startup di Indonesia yang sangat dinamis ini,” kata Sami Kizilbash, Head of Developer Ecosystem for Southeast Asia Google.

“Bersama dengan Kibar, kami berharap dapat terus mendukung kesuksesan ekosistem startup Indonesia ke depannya,” paparnya lebih lanjut.

Melalui kolaborasi dengan Google Developers Launchpad, Digitaraya dan Indonesia akan bergabung dengan jaringan akselerator independen terbaik dari Amerika Latin, Afrika, Eropa, dan Asia.

“Kami sangat bangga menjadi bagian dari perkembangan ekosistem startup di Indonesia, dan kami ingin terus berkontribusi melalui kemitraan dengan Google ini. Kami harap momen bersejarah ini menambah semangat kami untuk membawa lebih banyak startup dari Indonesia ke pentas dunia,” kata Yansen Kamto, Chief Executive Kibar.

Digitaraya akan memulai program akselerator ini pada 6 Agustus 2018, yang akan menampung 8 startup terpilih di gelombang pertama. Program akselerator tersebut akan diakhiri dengan Demo Day pada 1 November 2018. Proses pendaftaran dan seleksi startup akan dimulai pada tanggal 15 Mei hingga 15 Juli 2018. (rou/rou)

Originally posted on DetikInet.

Categories: Tech & Startups