Banyak pengusaha pemula yang bingung dan sama sekali buta dalam menjalankan bisnis. Tak hanya butuh investor, terlebih lagi mereka butuh mentor yang tepat untuk membimbing rencana bisnis awal yang telah disusun menuju kesuksesan. Entrepreneur.com bahkan telah mengungkapkan alasan-alasan mengapa sebuah bisnis startup membutuhkan mentor agar dapat sukses di dalam salah satu artikelnya.

Soon Loo, CEO of Brunei Economic Development Board

Itu sebabnya, Digitaraya yang membawa Program 100 Hari Startup Bootcamp ke Brunei Darussalam dan menjalankannya bersama Darussalam Enterprise ini menitikberatkan program mereka pada sesi mentoring, bersama dengan para ahli bisnis yang tentunya sudah mumpuni. Tak jauh berbeda dengan yang sudah dijalankan di 10 Kota seluruh Indonesia, Program 100 Hari Startup Bootcamp di Brunei Darussalam pun memiliki serangkaian acara, di mana para startup terpilih rutin memberikan perkembangan  bisnis yang tengah mereka bangun, sharing mengenai metode apa saja yang berhasil dan yang tidak, serta apalagi yang mereka butuh pelajari untuk dapat meningkatkan diri. Kini para startup terpilih telah mengadakan check in bersama Soon, yang hanya berlangsung sekali dalam 3 minggu selama program 100 Hari Brunei Startup Bootcamp dan baru saja dilaksanakan 10 April lalu di iCentre Auditorium, Brunei Darussalam.

Dalam sesi ini  yang dibuka oleh Soon Loo, CEO Brunei Economic Development Centre (BEDB) ini 10 founder  yang diantaranya   Syu’aib Rafie dari Bowl.Us, Simon Soo dari Track & Roll, Zati dari Mayang Couture, Ummi Sajidah dari WunderLifestyle, Amar dari GameOn, Edy dari MuKaKu Cosmetics, dan Hazman dari Hasaco masing-masing melakukan pitch selama 3 menit di atas panggung. Soon dan para undangan yang hadir kemudian memberikan feedback, komentar, dan kritik membangun bagi para startup agar dapat meningkatkan kemampuan pitching dan juga memperbaiki pitch deck mereka.  

BACA JUGA:  Program 100 Hari Brunei Startup Bootcamp, Ciptakan Akses dan Peluang Kewirausahaan
Ummi from Wunder Lifestyle

Para startup yang mewakili berbagai industri dari teknologi, fashion, hingga kuliner ini lalu diminta untuk memilih seseorang di antara mereka yang bukan dari tim untuk memberikan feedback terhadap presentasi yang telah dilakukan dan pendapat mereka mengenai Bootcamp ini. Selanjutnya, para startup diminta untuk membagikan poin-poin apa saja yang telah mereka dapatkan untuk diterapkan pada perusahaan mereka.

Soon Loo giving feedbacks to startups

Acara ini  kemudian ditutup oleh speech dari Soon Loo yang merangkum seluruh tugas-tugas yang sebelumnya telah ia berikan kepada para startup dan juga wejangan-wejangan untuk meningkatkan kualitas presentasi mereka agar perusahaan dapat berkembang dengan sukses.

Categories: Tech & Startups