Panorama Jembatan Holtekamp Dari Kejauhan | Dok: Gerald Bastian

KokBisa Channel, yang diwakili oleh Co-Founder Gerald Bastian, mendapatkan kehormatan untuk mengikuti kegiatan Presiden RI, Joko Widodo di Provinsi Papua, pada tanggal 10 – 13 April 2018 lalu. Kunjungan Presiden Jokowi ke Provinsi Papua merupakan kunjungan kerja yang terdiri dari sejumlah acara, salah satunya meninjau pembangunan Jembatan Holtekamp yang membentang di atas Teluk Youtefa, penghubung antara Hamadi-Holtekam, yang dijadwalkan selesai Juli mendatang. Dengan adanya jembatan yang menjadi ikon baru kota Jayapura sepanjang 732 meter ini, waktu tempuh dari dan ke dua daerah tersebut menjadi terpangkas dari yang semula 2,5 jam menjadi 1 jam saja.

Gerald Bastian tak sendiri. Ia diundang menemani perjalanan Jokowi, yang juga didampingi oleh Ibu Negara Iriana, bersama empat orang influencer lainnya. Keempat influencer yang juga turut serta dalam perjalanan tersebut, yaitu Natobeko dari Epenkah Cupentoh Channel (menampilkan video-video kreasi anak-anak kota Merauke Papua), Paul Shady dari Paul Shady Channel (menampilkan video-video penampilannya sebagai rapper / penyanyi), Barry dari abracadaBRO Channel (menampilkan video-video sulap yang dimainkan sekaligus dengan konten prank), dan Brian dari Beautiful Papuan (menampilkan foto-foto yang menggambarkan kecantikan pria dan wanita Papua). Menariknya, 3 dari 4 influencer tersebut merupakan kreator konten asli kelahiran tanah Papua.

Bersama Brian Fingkreuw (salah satu kreator asal Papua) dan juga bapak Presiden Jokowi | Dok: Gerald Bastian

Ternyata ada benarnya juga ungkapan yang berbunyi seperti ini “jika kau ingin lebih mengenal Indonesia, pergilah ke Papua.” Apa yang dirasakan oleh Gerald kurang lebih seperti itu. Ia mengaku mendapatkan banyak pengetahuan baru tentang Indonesia Timur, yang jauh berbeda dari yang selama ini ia dengan dari orang lain. “Mata batin maupun fisik saya jadi lebih terbuka mengenai Indonesia Timur yang begitu indah mulai dari alamnya, budaya, bahkan sampai ke individu perorangannya,” tutur Gerald. Potensi yang luar biasa dari tanah Papua ini tentu saja seharusnya dapat diberdayakan dan dijaga dengan baik. Perlu dukungan lebih lagi dalam sektor kesehatan, logistik, dan wisata,” lanjut Gerald.

Barry dari abracadaBRO Channel, Paul Shady dari Paul Shady Channel Natobeko dari Epenkah Cupentoh Channel, Brian dari Beautiful Papuan, dan Gerald Bastian dari KokBIsa foto bersama dengan Bapak Presiden Joko Widodo. | Dok: Gerald Bastian

Bersamaan dengan agenda Jokowi, Gerald pun sempat menemui Creative Digital Papua yang merupakan rekanan dari telusuRI dan mendapatkan kesempatan untuk diskusi seputar kreativitas, konten, dan edukasi di Papua.

 

Categories: Education Tourism