Suasana Kelas KokBisa yang diadakan di Menara by KIBAR | Dok: KokBisa

Begitu banyaknya arus informasi digital yang membanjiri pengguna internet mengakibatkan rentang perhatian yang semakin menurun. Akibatnya, mayoritas orang lebih memilih untuk memperhatikan informasi ketika terdapat gambar di dalamnya. Bahkan menurut data infografis yang dirilis oleh Social Media Today mengungkapkan bahwa konten yang disertakan dengan gambar-gambar yang relevan dilihat 94% lebih banyak dibandingkan yang tidak menyertakan gambar. Itu artinya storytelling dengan mengandalkan visual sangat kuat dampaknya bagi audiens. Oleh karena itu, Kelas KokBisa kembali menggelar workshop yang mengajarkan pesertanya mengenai cara membuat konsep visualisasi dari skrip, Sabtu (14/04) lalu di Menara by KIBAR.

KokBisa channel yang berhasil menerapkan metode visual yang menarik lewat lebih dari 140 konten video di YouTube dan telah ditonton sebanyak lebih dari 65 juta kali ini menginspirasi materi kelas “Idea Visualization” tersebut. “Kami sengaja membuat kelas ini agar anak-anak dapat memvisualisasikan ide-ide mereka, karena sudah terbukti, menyampaikan informasi jauh lebih mudah dimengerti oleh orang lain kalau melalui visual,” tutur Ketut Yoga, Co-Founder KokBisa.

Peserta mencoba memvisualisasikan ide mereka | Dok: KokBisa

Diikuti oleh 33 peserta yang latar belakangnya kebanyakan mahasiswa ini, workshop dari KokBisa yang disebut “kelas KokBisa” ini membagi materi kelas menjadi 4 bagian, yaitu Mindset, Experiment, Cook, dan Decorate. Visual merupakan bahasa dasar universal yang tentunya dimengerti semua orang. Namun adanya anggapan bahwa tidak semua orang memiliki kreativitas untuk menciptakan visual yang dapat dimengerti semua orang akhirnya membatasi gerak. Padahal anggapan tersebut salah, lho! Menurut kelas KokBisa kita semua terlahir kreatif dan merupakan mahkluk visual.

Peserta terpilih mendapatkan kenang-kenangan yang diwakilkan oleh animator KokBisa Channel, Enrico Jonathan | Dok: KokBisa

Seperti biasa, workshop yang diadakan oleh kelas KokBisa berlangsung interaktif dan penuh dengan tugas yang harus diselesaikan dalam grup. “Senang banget melihat para peserta sangat excited mengikuti kelas workshop ini. Kelihatan dari banyaknya pendaftar dan juga yang confirmed untuk datang,” ungkap Ketut Yoga yang cukup kaget dengan antusiasme para peserta, yang rata-rata sudah menguasai desain, penasaran dengan proses di balik layar video-video yang ada di KokBisa channel, dan tertarik untuk mempelajari materi-materi lain yang diadakan oleh kelas KokBisa.

 

Sesi Foto Bersama dengan KokBisa | Dok: KokBisa

Diharapkan dengan mengikuti workshop ini anak muda Indonesia mampu berpikir lebih liar dan kreatif dalam menyampaikan informasi apapun dengan cara yang berbeda dan menyenangkan. Kamu tertarik juga untuk mengikuti kelas KokBisa Ikuti terus informasinya di Instagram @kokbisa!

 

Categories: Creative Education