Tahun 2017 lalu, Indonesia Android Kejar (IAK), sebuah program akselerasi yang menyediakan metode pembelajaran programming Android dengan cara-cara yang menyeluruh melalui kursus online dan offline telah berhasil mengumpulkan lebih dari 500 fasilitator. Para fasilitator ini telah mengajar lebih dari puluhan ribu peserta di 10 kota. Tidak hanya telah mengajar para developer pemula melalui program IAK, fasilitator-fasilitator ini juga telah berkontribusi dalam pertumbuhan ekosistem developer Android di kota-kota asal mereka.

Keakraban langsung terasa di antara para fasilitator IAK bahkan sebelum acara dimulai | Dok. Mauren Fitri

Kerja keras dan dedikasi yang telah dilakukan oleh para fasilitator ini menginspirasi program IAK untuk menyelenggarakan IAK Facilitator Summit, di mana para fasilitator IAK 2017 terbaik dan terpilih dari 10 kota di Indonesia dikumpulkan dalam acara yang memperkaya wawasan dan pertemanan selama 2 hari. IAK Facilitator Summit ini berlangsung di Menara by KIBAR, Jakarta, 24-25 Maret 2018 lalu dan mendatangkan berbagai pembicara yang berpengalaman di bidangnya masing-masing. Jadi para fasilitator yang terpilih ini tak hanya bisa networking dan saling sharing, mereka juga dibekali ilmu-ilmu yang nantinya dapat diimplementasikan untuk menghidupkan komunitas di kota asal mereka masing-masing.

Yohan Totting (Developer Advocate, Web Developer Relations at Google) memberikan materi tentang Community Development | Dok. Mauren Fitri

Acara yang dihadiri oleh 100 fasilitator dengan kisah-kisah inspiratif dan datang dari berbagai kota di Indonesia, seperti Jakarta, Semarang, Bandung, Denpasar, Makassar, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Pontianak, dan Medan ini berlangsung meriah dan sangat kekeluargaan. “Saya senang bisa berada di antara orang orang hebat, yang bergerak membangun bangsa dan negara tanpa harus menjadi presiden maupun menteri, senang bisa menjadi salah satu dari seratus orang yang bergerak untuk visi tersebut” ujar Abdillah SAS, salah satu fasilitator IAK di akun instagramnya.

Antusias peserta menyimak materi dari Pembicara | Dok. Mauren Fitri

IAK Facilitator Summit memberikan kesempatan nyata bagi para fasilitator untuk bertemu dan terhubung secara interaktif dengan fasilitator lainnya, mentor, dan juga para ahli dari berbagai industri, di mana seluruh peserta dapat berkolaborasi dan menciptakan hal-hal yang membawa perubahan untuk komunitas developer di kotanya.

Kekompakan para fasilitator IAK dalam sesi Design Sprint | Dok. Mauren Fitri

Topik dan materi yang diberikan pun sangat menarik, mulai dari Personal Branding, Project Management, Communication Skill, Community Building, yang dibawakan oleh Andin Rahmana (Digital Strategist, Trans Media Sosial), Leonika Sari (CEO, Reblood), Google Educator Group Jakarta, Raedy Fadli (Content Strategist, Jakarta Smart City), hingga sesi singkat membuat video menarik dari Dennis Adishwara (CEO, Layaria) untuk mengenalkan teknologi kepada masyarakat awam. Para fasilitator pun diajak untuk melakukan sesi design sprint dan group planning, di mana mereka mengadakan diskusi bersama untuk menyelesaikan masalah komunitas developer di kota masing-masing, yang dilanjutkan dengan presentasi solusi yang akan mereka lakukan.

Foto bersama fasilitator yang datang dari 10 kota di Indonesia | Dok. Mauren Fitri

Di penghujung acara, tak lupa para fasilitator saling tukar cinderamata dari kota masing-masing sebagai kenang-kenangan. Ditunggu pergerakannya di kota masing-masing untuk terus menghidupkan ekosistem developer ya! Ingin belajar bersama dengan para developer lain di kotamu, memperluas jejaring, dan membuktikan bahwa dengan kolaborasi kita bisa mencapai level skill yang lebih tinggi? Kami tunggu partisipasimu di program Indonesia Android Kejar.

BACA JUGA:  Yansen Kamto: 1000 Start-ups by 2020
Categories: Tech & Startups