Program 100 hari Startup Bootcamp di Brunei Darussalam yang dibawa oleh Digitaraya dan dijalankan bersama Darussalam Enterprise telah berhasil menggali potensi para kreatif muda Brunei untuk mengembangkan perusahaan startup berbasis teknologi milik mereka. Dari 25 startup potensial yang digodok secara intensif dan didampingi oleh para mentor dari Indonesia hingga ke tahap beta version, ada sekitar 12 startup yang mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan perusahaan mereka di depan para calon investor di “Mid Cycle Demo Day”, Jumat (23/03) lalu di Progresif Headquarters, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam.

Wan Nurul dari BenchLab | Dok: Pribadi

Masing-masing startup membawakan pitch deck mereka untuk membekali gambaran menyeluruh tentang perusahaan kepada para audiens yang hadir. Masing-masing startup diberikan waktu 2 menit untuk presentasi brief pitching mereka, yang terdiri atas penjelasan bisnis, target audiens, dan informasi lainnya yang relevan untuk meyakinkan para calon investor menanamkan modal. Selanjutnya, masing-masing diberi 3 menit tambahan untuk menanggapi feedback, komentar, dan juga pertanyaan dari para audiens dan tamu yang hadir.

Syu’aib Rafie dari Bowl.Us | Dok: Pribadi

Para pendiri startup sebelumnya telah belajar bagaimana mengidentifikasi pelanggan-pelanggan awal mereka, menjalankan produk yang mereka ciptakan ke dalam serangkaian tes, yang akhirnya menghasilkan peluncuran produk pertama mereka, melakukan tes harga yang berbeda-beda pada pasar, dan lain sebagainya.

“Mid Cycle Demo Day” dibuka dengan pidato perkenalan dari Soon Loo, CEO Brunei Economic Development Centre (BEDB). Soon Loo memberikan pengenalan tentang program Startup Bootcamp, apa saja yang dibutuhkan oleh program ini, dan bagaimana acara hari itu akan menjadi kali pertama bagi para startup untuk mempresentasikan ide mereka kepada para investor potensial.

Simon Soo dari Track & Roll | Dok: Pribadi

Para startup terpilih ini diwakili dan direpresentasikan dengan sangat baik oleh Syu’aib Rafie dari Bowl.Us, Simon Soo dari Track & Roll, Wan Nurul dari BenchLab, Ummi Sajidah dari WunderLifestyle, Zati dari Mayang Couture, Hazman dari Hasaco, Faizul dari Soulkonekshen Café, Amar dari GameOn, Zaeem dari Ventureku, Nazy dari KAVA, Ain dari The Scoop, dan Futon dari Miniphysio. Startup yang mewakili berbagai industri dari teknologi, fashion, hingga kuliner berhasil memukau para calon investor, audiens, dan tamu yang hadir.  

Sesi Networking Mid Cycle Demo Day | Dok: Pribadi

Selain melakukan pitching ide yang telah dikembangkan dari bisnis yang saat ini tengah dijalani, para pendiri startup juga mendapatkan kesempatan untuk memperluas jejaring mereka di “Mid Cycle Demo Day”.

BACA JUGA:  Fintech Connect Episode 8: Closing The Underinsurance Gap | Asuransi Digital Perluas Akses, Tingkatkan Efisiensi dan Transaksi
Categories: Tech & Startups