Perkembangan teknologi digital yang berkembang pesat memaksa masyarakat untuk menyesuaikan diri terhadap perkembangan arus digital, khususnya generasi muda. Namun sayang, perkembangan tersebut belum diikuti dengan tingkat kedewasaan para penggunanya. Banyaknya kasus penyebaran hoax, bullying, pornografi, barang bajakan, black campaign, plagiarisme, dan tindakan-tindakan lainnya dalam dunia digital yang merugikan inilah yang menginspirasi Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Tadulako dan Forum Indonesia Muda Kota Palu untuk mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat dalam menanggapi dan memanfaatkan perkembangan dunia teknologi digital secara bijak dan benar.

Sebuah Talkshow Inspiratif yang bertajuk “Millenninals Anti Mainstream” diselenggarakan untuk mencari jawaban apa saja hal-hal menguntungkan yang bisa generasi muda lakukan dengan teknologi, selain sebagai media informasi dan hiburan. KokBisa Channel, sebagai channel YouTube pendidikan terbesar di Indonesia, berkesempatan diundang dan mengisi materi di Talkshow Inspiratif, diwakili oleh founder KokBisa Ketut Yoga Yudistira, pada Sabtu, 3 Maret lalu di Auditorium Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah. Kesempatan ini menjadi luar biasa karena KokBisa telah menjangkau anak-anak muda di belahan timur Indonesia.

Pada Talkshow Inpiratif tersebut, KokBisa membahas mengenai teknologi yang bagaikan pisau bermata dua; dapat memberikan keburukan atau kebaikan, tergantung dari penggunaannya. Dalam kesempatan ini, KokBisa menunjukkan bagaimana penggunaan teknologi yang baik, terutama dalam memanfaatkan video bagi para generasi muda di daerah.

Anak muda di Palu memiliki semangat yang tidak kalah dengan anak-anak muda yang saya temui di kota-kota besar. Saya sangat excited karena mereka banyak bikin komunitas, inisiasi, dan lain-lain,” tutur Ketut Yoga Yudistira, seusai memberikan materi.

Foto bersama dengan peserta talkshow “Millenials Anti Mainstream” (Dok: www.instagram.com/odriana_p)

Salah satu pemanfaatan teknologi secara positif menurut Ketut Yoga Yudistira, contohnya adalah mengeksplorasi penggunaan video dan membawa kesempatan bagi generasi muda yang tinggal di daerah untuk mengembangkan passion dan skill mereka. Apalagi secara kualitas, SDM yang berada di daerah-daerah bersaing dengan SDM yang berada di kota-kota besar. Hanya saja aksesnya menghambat pergerakan mereka selama ini. Namun lewat teknologi, tantangan tersebut bisa diatasi.

Salah satu peserta Talkshow Inspiratif: “Millennials Anti Mainstream”, Odriana lewat akun instagramnya mengaku terinspirasi setelah mendengarkan materi yang disampaikan oleh KokBisa. Menurutnya, “Cara membuat konten yang menarik bukan soal objek, tapi cerita yang menarik di balik objek tersebut.” Semoga makin banyak generasi muda yang tergerak untuk menjadi content creator dan bercerita lewat video, ya!

Subscribe di YouTube KokBisa Channel untuk terus mendapatkan konten-konten edukatif yang menginspirasi. Ingin kampusmu didatangi KokBisa? Jangan ragu-ragu untuk mengundang kami!    

BACA JUGA:  KokBisa Channel Berkunjung ke Istana Negara
Categories: Creative Education