Audiens digital Indonesia yang sangat besar memiliki konsumsi media internet yang juga besar, rata-rata empat jam setiap harinya menurut survei yang dilakukan oleh ‘”We Are Social 2017“. Namun belum semuanya pintar dalam memilah-milah isi media internet yang layak dikonsumsi terlepas dari apapun platform-nya inilah yang menjadi krisis utama yang dihadapi masyarakat Indonesia saat ini.

Censorship mungkin menjadi solusi awal permasalahan ini, namun apakah cukup untuk melawan semua konten negatif yang tersebar di media sosial? KIBAR mencoba menawarkan perspektif baru untuk mengangkat konten yang bersifat mendidik dan lebih berkualitas dengan cara-cara yang lebih populer lewat Kelas KokBisa.

Melihat anak muda Indonesia lebih menyukai tontonan yang bersifat menghibur, KIBAR menginisiasi workshop penulisan populer science writing melalui Kelas KokBisa yang bersifat menghibur sekaligus edukatif dan bikin penasaran. Tujuannya tentu saja untuk mengajak para pesertanya berhasil membuat pembaca menjadi pintar melalui tulisan ilmiah dan ikutan ‘bersuara’.

Interaksi peserta dengan mentor kelas KokBisa (Dok: KORIDOR Coworking Space)

Kok bisa? Ya, bisa dong! Caranya dengan mengangkat isu-isu yang dekat dan relevan dengan masyarakat Indonesia pada umumnya, namun tetap dengan gaya penyampaian yang fun dan engaging. Contohnya, kenapa sih Jakarta macet banget? Atau mana yang duluan: ayam atau telur? Semua dibahas dengan pendekatan ilmu pengetahuan.

Berbekal pengalaman mempopulerkan konten-konten edukatif kepada masyarakat Indonesia dan global serta berkolaborasi dengan banyak komunitas untuk menyebarkan awareness akan isu-isu sosial, Kelas KokBisa mengadakan workshop interaktif mengenai science writing di Koridor Coworking Space, Surabaya, 24 Februari 2018 lalu.

Dihadiri oleh 25 orang dari 70 lebih peserta yang terlebih dulu mendaftar, Kelas KokBisa Chapter Surabaya membawa angin segar untuk pemahaman menulis dengan menggunakan metode storytelling ala KokBisa Mayoritas peserta yang terdiri atas mahasiswa dan karyawan yang sangat antusias ini diajak untuk mencari ide yang baik dalam waktu singkat dengan cara mengobservasi, membaca berita, dan mendengarkan pertanyaan-pertanyaan dari peserta yang lain.

Antusiasme peserta Kelas KokBisa (Dok: KORIDOR Coworking Space)

Para peserta juga dikelompokkan ke dalam grup-grup kecil untuk melakukan pembahasan yang lebih seru mengenai cara melakukan riset yang baik dan benar di tengah-tengah serbuan informasi di internet dan tentunya mematahkan stigma negatif yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia ketika mendengar kata “science”. Padahal science juga bisa dibuat menjadi tidak membosankan dengan bercerita dan mengubah perspektif tentang bagaimana menyampaikan sesuatu dari sana.

Foto Bersama Peserta Kelas KokBisa (Dok: KORIDOR Coworking Space)

Kelas KokBisa menampilkan science bukan hanya dalam bentuk sederetan fakta yang perlu untuk diketahui, namun menjadi sebuah proses bertanya dan mencari tahu dalam bentuk sebuah kisah yang menarik untuk diceritakan kembali. Entertaining first, educational facts later!

Tertarik mengikuti Kelas KokBisa di kotamu? Ikuti terus media sosial @KIBAR.id dan @KokBisa untuk mengetahui informasi mengenai program-program yang akan atau sedang berlangsung di Kelas KokBisa.

BACA JUGA:  KokBisa Channel Berkunjung ke Istana Negara
Categories: Education