Selain pariwisata, Bali memiliki potensi besar dalam sektor ekonomi kreatif. Tak tanggung-tanggung sektor ekonomi kreatif Bali menyumbang 49,3% total ekspor Bali. Tambahan data yang dikeluarkan oleh Komunitas Wirausaha Tangan Di Atas pada tahun 2017, jumlah wirausahawan di Bali meningkat sebesar 35 persen. Ekosistem digital di Bali juga tak ketinggalan ikut meningkat seiring dengan makin maraknya startup lokal yang muncul.

Pesatnya pertumbuhan ekosistem kreatif, teknologi, dan kewirausahaan ini menjadi salah satu pemicu hadirnya coworking space baru yang di kelola oleh KUMPUL, yaitu KE{M}BALI Innovation Hub. Berlokasi di Jalan Sunset Road No. 28, Badung, Seminyak, KE{M}BALI diresmikan pada hari ini (1/3/18).

Faye Alund (CEO, Kumpul) memandu Ibu Tri Rismaharini dalam launching KE{M}BALI

CEO Kumpul, Faye Alund, berharap tempat ini bisa menjadi wadah pelaku industri lokal untuk mendorong kemajuan ekosistem kreatif dan teknologi di Bali. “KUMPUL sendiri sudah tiga tahun menjadi salah satu pelaku coworking space di Bali. Pesatnya pertumbuhan komunitas maupun industri kreatif dan teknologi dalam tiga tahun belakangan mendorong kami untuk membangun KE{M}BALI Innovation Hub. Meskipun Bali adalah salah satu tujuan utama bagi para digital nomad, obyektif kami untuk membangun KE{M}BALI adalah untuk mewadahi talenta, kreator, dan pelaku industri lokal yang ingin berkontribusi dalam mendukung ekosistem kreatif dan teknologi di Bali,” kata Faye Alund.

Sebelum diresmikan, KE{M}BALI sudah melaksanakan berbagai kegiatan program-program yang melilbatkan mitra dari KE{M}BALI seperti Gapura Digital, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, dan Indonesia Android Kejar. Pun telah diramaikan oleh berbagai kegiatan yang diadakan oleh komunitas seperti GDG Bali, GBG Bali, dan WomenWill.

“Ke depannya, KE{M}BALI akan kita isi dengan lebih banyak lagi aktivitas dan program pengembangan kapasitas. Di antaranya pelatihan UKM go-online, workshop untuk para calon startup founder, sampai kelas belajar pengembangan aplikasi Android. Kami berkomitmen untuk terus bekerja sama dengan pemangku kepentingan terkait dalam membangun ekosistem kreatif dan teknologi di Bali,” tutup Faye.

BACA JUGA:  Makin Kenal dengan Coworking Space di CoworkFest 2017

Originally posted on: Recap.id