Setelah sukses menjalankan dua program Startup Bootcamp di Indonesia, Digitaraya membawa konsep ini ke Brunei Darussalam dan bersama Darussalam Enterprise menjalankan program 100 hari Startup Bootcamp untuk mendukung ekosistem startup berbasis teknologi di negara tersebut. Tak hanya Indonesia saja, Brunei Darussalam pun menyimpan segudang potensi bagi para perusahaan startup untuk berkembang. Selain itu, Indonesia dan Brunei memiliki begitu banyak kesamaan dari segi budaya, mengingat program-program yang dibangun oleh Digitaraya selalu bersinggungan dan melebur dengan budaya di Asia Tenggara.  

Program ini terbuka bagi seluruh warga negara Brunei Darussalam berusia 20 – 45 tahun yang tergabung dalam tim dan memiliki produk yang sedang dikembangkan. Antusiasme para kreatif muda Brunei telah terlihat dari banyaknya pendaftar yang mengirimkan pitch deck mereka untuk proses seleksi. Akhirnya dengan bantuan dari tim Startup Success dari Digitaraya, terpilihlah 25 startup potensial dengan jumlah sekitar 60 peserta siap mengikuti program bootcamp selama 100 hari.

Berlokasi di iCentre Brunei, Bandar Seri Begawan, yang merupakan sebuah program inkubasi startup dan co-working space bagi para wirausahawan, Brunei Startup Bootcamp berlangsung secara intensif selama 100 hari berturut-turut.

Sepanjang program, para peserta diminta untuk mengembangkan produk yang telah dirilis sebelumnya sampai ke tahap beta version. Mereka juga mendapatkan silabus dan materi pengajaran yang dapat membantu pengembangan bisnis yang saat ini sedang dijalani.

Setiap minggu, masing-masing mentor datang dan mempresentasikan topik yang sudah disusun dalam materi pengajaran, diikuti dengan bimbingan secara privat dengan masing-masing tim selama kurang lebih 15 menit. Perkembangan masing-masing tim pun dimonitor tiap minggu oleh para Startup Success Manager melalui pertemuan mingguan. Selama program berlangsung, setiap tim startup memang diharuskan untuk membuat laporan mingguan mengenai perkembangan mereka agar dapat menerima saran dan juga dukungan yang dibutuhkan agar proyek yang sedang dijalankan berhasil dan produk yang diciptakan dapat menjadi solusi nyata dari permasalahan yang tengah dihadapi oleh masyarakat Brunei. Tak hanya itu saja, program ini juga bertujuan meningkatkan kemampuan masing-masing anggota tim dalam mengembangkan produk dan segi bisnisnya.

Selama program Startup Brunei Bootcamp, Digitaraya menyediakan co-working space bagi para pesertanya yang ingin datang ke Jakarta untuk mengeksplorasi pasar Indonesia.

BACA JUGA:  Komunitas Wirausaha Pemula Solo Datangkan Yansen Kamto Untuk Berbagai Ilmu
Categories: Tech & Startups