Isu kekurangan kebutuhan stok darah di Indonesia masih jauh dari target. Sebagai startup yang bergerak di bidang kesehatan, Reblood terus mengajak masyarakat untuk melakukan donor darah dengan mudah dan informatif.

Menurut World Health Organization (WHO), jumlah kebutuhan minimal darah di Indonesia mencapai 5,1 juta kantong darah per tahunnya atau sekitar 2% dari jumlah penduduknya. Namun kenyataannya, Indonesia kekurangan 500 ribu kantong darah, di mana hanya 4,6 juta kantong darah dari 3,05 juta donasi.

Founder Reblood Leonika Sari Njoto Boedioetomo mengatakan PMI selalu menggelar donor darah di lima titik berbeda, tetapi masyarakat banyak yang kurang tahu.

“Masalah informasi ini yang ingin kita sampaikan melalui platform Reblood, mulai dari jadwal donor darah, fitur reminder, hingga informasi jangan sampai kurang tidur, sarapan sebelum donor darah, jadi kayak pacar,” ujarnya di Menara Kibar, Jakarta, Sabtu (9/12/2017).

Reblood sendiri merupakan startup yang digawangi para pemudah untuk membantu pengguna untuk mendapatkan informasi donor darah di tempat terdekat dengan jadwal yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan.

Wujud menggalang kebutuhan darah ini, Reblood hadirkan kegiatan donor darah bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta, di mana mengangkat tajuk The Life Force Awakens.

Gimmick berbau film Star Wars menjadi bumbu untuk menggaet anak muda untuk donor darah. Mulai dari diberi kartu bergambar Dart Vader, Stroomtroper, dan Han Solo, sampai tiket nonton Star Wars episode VIII – The Last Jedi. Harapannya, tentu tema Star Wars dapat menggaet banyak orang untuk mau mendonorkan darahnya.

“Donor darah bagi anak muda itu nggak tren, serem, boring, seriuslah. Padahal, manfaatnya bagus banget buat kesehatan, seperti menurunkan risiko serangan jantung, kanker, sampai panjang umur karena tubuh produksi darah baru,” tutur gadis lulusan Insitut Teknologi Sepuluh November ini.

BACA JUGA:  Fintech Connect 4: “Liarnya” Potensi Besar Blockchain

Event ini merupakan salah satu eksistensi Reblood yang mengekspansi Jakarta pada akhir tahun. Sebelumnya, Reblood telah menggelar acara donor darah yang bertepatan dengan 17 Agustus kemarin dan The Life Force Awakens adalah event kedua.

Reblood yang berasal dari Surabaya ini akan terus memperlebar layanannya ke kota lain. Yogyakarta adalah bidikan selanjutanya pada awal bulan depan, Januari 2018.

“Kalau layanan Reblood sendiri sudah dirasakan di 10 provinsi, diantaranya seperti Jawa Timur, Sumatera Utara, Yogyakarta, Jawa Barat, dan lainnya. Kita ingin masyarakat lebih rutin lagi untuk donor darah,” ucap peremuan yang disapa Leo ini.

 

Originally posted on Detikinet