Istilah ‘geek’ seringkali diidentikkan dengan seseorang yang ‘IT banget’. Namun sebuah acara bertajuk GeekFest siap digelar bukan cuma untuk menampung orang IT, namun berkolaborasi dengan penggiat musik, film, hingga seni lainnya.

GeekFest: Celebrate the New Rock Stars! sendiri merupakan acara besutan Forum Web Anak Bandung (Fowab) dan Kibar Kreasi mengumumkan penyelenggaraan.

Festival yang baru pertama kali digelar di Indonesia ini berharap dapat memberi pertunjukan yang segar pada 31 Maret – 1 April 2012 mendatang di Sasana Budaya Ganesha, Bandung, Jawa Barat.

Intinya adalah bertujuan mengangkat karya kreativitas anak muda Indonesia yang berkaitan dengan teknologi dan digital dari berbagai komunitas di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Malang. Mereka siap menampilkan kolaborasi lintas genre, campuran dari musik, film, multimedia, dan teknologi.

Pengisi acara yang akan tampil di panggung GeekFest di antaranya Jogja Hiphop Foundation, Bottlesmoker, Windyasari, Openlabs, Hellomotion, Saung Angklung Udjo, Hebring (Main Studios), Pet Shop Box, Homogenic, Ableton Live Indonesia User Group, Trah Project, Kepompong Gendut, Jogjaforce, iPhonesia, Movieholic, Riset Indie, Photon Project dan Midi Data.

“GeekFest merupakan ajang yang berkomitmen mendukung talenta-talenta muda negeri untuk tampil mengibarkan Indonesia di pentas dunia. Sekaranglah saatnya anak muda Indonesia menciptakan kreasi asli nusantara. Kami ingin menunjukkan bahwa Indonesia bukan hanya terkenal sebagai ‘pabrik’ dari perusahaan terkenal di luar negeri, tapi kita juga bisa membuat produk sendiri yang bisa mengharumkan nama Indonesia,” tutur CEO Kibar Kreasi, Yansen Kamto.

Ajang ini juga bertujuan merayakan rock star baru, dan memberikan pemahaman kepada publik untuk mengapreasiasi para pelaku di belakang layar yang akan tampil di depan dengan kreasi yang belum pernah ada sebelumnya. Selain itu, juga untuk menampilkan bakat anak muda Indonesia yang sesungguhnya di industri kreatif.

BACA JUGA:  Bekraf Dukung Coworking Space 'ruang & tempo'

Menurut salah satu inisiator Fowab, Yohan Totting, melalui GeekFest, mereka ingin memperlihatkan bahwa anak muda Indonesia memiliki potensi yang sangat besar di bidang industri kreatif.

“Sudah sangat banyak karya anak bangsa yang sukses di tingkat dunia, tapi belum begitu terdengar gaungnya. Padahal mereka inilah rock star yang sesungguhnya, yaitu yang menciptakan karya kreatif dengan level internasional,” tukasnya, dalam keterangan tertulis.

 

Originally posted on Detikinet

Categories: Community Creative